Senin, 05 Mei 2014

Awas Website Palsu MMM (Phising)

Posted at  07.19  |  in  Kabar

Sebenarnya sudah lama website ini muncul, website yang dibuat sama persis dengan aslinya yang bertujuan mencuri usernama dan password account kita yang biasa disebut website phising atau website palsu, kali ini saya akan membahas website palsu/ phising yang digunakan pelaku untuk mengelabui partisipan MMM.


Dengan semakin banyaknya partisipan MMM Indonesia yang sampai dengan akhir tahun 2013 telah mencapai 32rb-an member, tentu membuat sebagian orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil account username password kita.

Teknik yang digunakan masih umum, yaitu menggunakan ketidaktahuan beberapa partisipan MMM yang awam dengan internet, website dibuat sama persis dengan website resmi MMM, namun apabila digunakan untuk login, website akan memberitahukan bahwa username dan password kita salah, sekali anda memasukkan username password, data account anda sudah masuk ke database mereka.

Untuk menghindar hal diatas, partisipan MMM harus waspada dan sebaiknya selalu login ke website resmi MMM. Website resmi MMM hanya ada di alamat sebagai berikut :
  • https://2012.sergeymavrodi.com
  • https://2012.sergey-mavrodi.com
  • https://2012.sergey-mavrodi-mmm.net
  • https://2012.sergey-mavrodi-mmm.org
Ingat, sebaiknya anda bookmark alamat website diatas untuk mengurangi kesalahan pengetikan.


Sedangkan contoh website palsu/ phising yang pernah saya temukan alamatnya :


Lantas, bagaimana cara membedakan website MMM resmi dengan yang palsu ? mari kita pelajari satu persatu :
  1. Website Resmi MMM menggunakan gabungan standard hypertext standard protocol (http) dengan standar keamanan Secure Socket Layer (SSL) yang biasa digunakan untuk website besar seperti facebook, amazon, paypal dan website perbankan. Hal ini bertujuan untuk menjamin keamanan para partisipan MMM dalam melakukan aktivitas online. Website yang menggunakan gabungan protokol diatas ditandai dengan penulisan "https://" di setiap awal penulisan alamat, tanda lainnya adalah terdapat gambar gembok terkunci.
  2. Sedangkan website palsu MMM hanya menggunakan protokol "http" tanpa ada standard keamanan SSL, ditandai dengan penulisan alamat "http" saja tanpa ada huruf "s"-nya;
  1. Website resmi MMM menggunakan subdomain 2012, subdomain tersebut ditandai dengan penulisan titik (.) setelah angka 2012, sehingga keseluruhan alamat menjadi https://2012.sergey-mavrodi.com
  2. Sedangkan website palsu MMM tidak menggunakan subdomain 2012 meskipun pada alamat terlihat angka 2012, tapi setelah diperhatikan dengan seksama angka 2012 diikuti dengan tanda hubung/ dash (-), terlihat dengan penulisan alamat http://2012-sergey-mavrodi.com. 
  1. Website resmi MMM sekarang menggunakan icon bendera Inggris diatas form login 
  2. Sedangkan website palsu MMM masih menggunakan bendera rusia. Bendera ini sebelumnya pernah dipakai website resmi sebelum di update jadi bendera inggris seperti sekarang
Bagaimana agar kita terhindar dari website palsu/ phising tersebut, cara yang paling mudah adalah bookmark semua website resmi diatas, dan login-lah ke website yang sudah anda bookmark tadi.

Apabila anda sudah terlanjur login, silahkan untuk mengganti password anda secepatnya.
Cara mengganti password anda adalah, masuk ke halaman login website resmi MMM kemudian klik link Recover Password, masukkan email yang anda pakai untuk login ke website MMM.
Sesaat setelah anda memasukkan email dan klik ok, anda akan mendapat email dari system MMM yang berisi link recover passoword. Cek inbox dan silahkan mengganti password anda dengan yang baru.


Berikut beberapa perbedaan website MMM PALSU dengan MMM ASLI
Contoh Website MMM Palsu

Contoh Website MMM Asli


Semoga bermanfaat.

Long Live MMM

Share this post

About KOMUNITAS MMM

KOMUNITAS MMM adalah Komunitas Partisipan yang saling tolong menolong memberikan dan menerima bantuan setiap bulan, misalnya bulan ini Anda membantu partisipan MMM maka bulan depan Anda berhak menerima bantuan dari Partisipan MMM lain sejumlah uang Anda plus reward 30% KLIK GABUNG

0 komentar:

DAFTAR-Tentang Admin-Contact us
Copyright © 2013 MMM INDONESIA. Design by Mufarrihul Hazin
MMM Indonesia Powered by Mufarrihul Hazin.
back to top